60 JUTA GAMER DI INDONESIA & 30 JUTA MAIN GAME SETIAP HARI
BERAPA BANYAK JUMLAH GAMER DI INDONESIA
Jumlah Gamer di Indonesia mencapai 60 juta orang pada akhir tahun 2018 dan diperkirakan akan meningkat dan mencapai 100 juta orang pada tahun 2020 berdasarkan studi dari Pokkt, Decision Lab & Mobile Marketing Association ( MMA ).
Sedangkan berdasarkan data dari Humas kominfo pada awal tahun 2019, sejumlah lebih dari 30 juta anak2 milenial bermain game setiap hari baik melalui perangkat konsol seperti : Playstation 4 & Xbox one, tapi juga PC / laptop dan platform mobile Tablet & Smartphone.
Hobi yang sudah digemari sebagian besar anak2 urban yang betah bermain ber jam-jam setiap harinya dengan mengabaikan tugas / aktifitas lainnya.
BERAPA USIA GAMER DI INDONESIA
Berdasarkan hasil research Newzoo. AppAnnie, Forbes & TechinAsia bermain disemua perangkat :
Umur 10 - 20 tahun : 36 %
Umur 21 - 35 tahun : 47%
Umur 36 - 50 tahun : 17 %
Hasil studi Decision lab usia para gamer di Indonesia yang bermain game di mobile game / smartphone dengan rentang usia sbb :
16 -24 tahun : 27 %
25 -34 tahun : 27 %
35 -44 tahun : 24 %
45 -54 tahun : 17 %
Sedangkan para pemain game yang kompetitif yaitu gamer professional yang aktif umumnya memiliki usia direntang akhir remaja atau pada awal masa dewasa yaitu sekitar dua puluh tahunan.
Jadi jarang sekali ada Gamer professional diusia tiga puluh tahunan karena konsekuensi bertambahnya umur sama seperti atlet olahraga yaitu konsekuensi penurunan kekuatan fisik & perlambatan kecepatan response yang dimiliki.
APA RESIKO ANAK2 KECANDUAN GAME
* Terkena rabun jauh & juling karena bermain game terlalu lama dalam jarak dekat ( penglihatan
kabur melihat jauh )
* Resiko pembuluh darah mata pecah karena kecapean nonstop mantengin hape seperti dialami
artis peran Tanta Ginting ( article kompas.com 26 Mei 2019 )
* Tagihan pembelian tool game online meledak ( kisah nyata tagihan provider telpon bu Ririn -
Kediri yang anaknya masih SD umur 12 tahun belanja tool game hampir 12 juta dalam 1 bulan ) -
article kompas.com tanggal 11 April 2019
* Gangguan kejiwaan karena melupakan kegiatan lain makan, belajar, olahraga dan kegiatan sekolah
( kisah nyata 5 anak SD-SMP di Jember mendapat perawatan kejiwaan di RSU-Dr Soebandi )
- article kompas.com tanggal 1 April 2019
* Lebih emosional & tidak bisa konsentrasi terhadap akademiknya ( dalam arti apabila dihentikan
kesenangannya bermain game maka akan timbul energi negatif kesal & marah2 )
* Bisa mengalami depresi dan tingkat kemampuan bersosialisasi yang terus menurun.
* Jangka lama gangguan kesehatan yang menurun akibat kurang tidur dan makan & resiko stroke dan
meninggal dunia ( kisah nyata Naufal Hanifa - artcile detik.com 9 Agustus 2016 )
* Resiko berbuat kriminal untuk medapatkan uang membeli kebutuhan game online
KECANDUAN GAME BAHAYA UNTUK MASA DEPAN ANAK INDONESIA
Di jaman teknologi digital saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa sernakin banyak anak2 bermain game online yang mengganggu kehidupan normal mereka khususnya yang sudah kecanduan.
Data Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ada 171 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018, dimana kemudahan bermain game online makin luas dengan semakin tersedianya internet dan makin murahnya gadget android yang bisa dipakai untuk bermain game online.
Hal ini tentu sangat bahaya bagi masa depan anak2 Indonesia karena Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah menetapkan anak-anak kecanduan game sebagai "GANGGUAN MENTAL" - GANGGUAN YANG DISEBABKAN KARENA KEBIASAAN / KECANDUAN
SMART PARENTS - JANGAN PAKSA ANAK KECANDUAN GAME BERHENTI TAPI ARAHKAN - ESDA ( Enspire School of Digital Art ) OBATNYA
Tidak ada salahnya bagi anak-bermain game karena bermain game baik apabila sebagai refreshing saja kecuali yang berprofesi sebagai Gamer Professional.
Kebanyakan orang tua yang mempunyai anak2 sudah kecanduan game mungkin dianggap masalah,
dimana anak sudah melupakan kewajiban dan aktifitas lainnya karena banyak anak tidak menyukai pelajaran sekolah yang umum diajarkan.
Anak yang gandrung sebagai seorang gamer yang terbiasa dengan animasi mungkin lebih menyukai dengan menggambar daripada membaca dan akan lebih berbakat apabila diarahkan sebagai seorang
" Digital Artist "- profesi yang sama yang dulu digeluti Andre Surya - founder ESDA yang membawa namanya turut andil dalam pembuatan film2 besar Hollywood Iron man & Iron man 2, Transformers - Revenge of The fallen, Terminator Salvation, Star Trek dll
ESDA KALIMALANG
Jl Raya Kalimalang Blok A1 kav No 03
Jakarta Timur 13420
( Patokan 100 meter dari Transmart Kalimalang & sebelum lampu merah Pondok kelapa raya / Lampiri )
HP / WA : 0813 8594 3002
Telpon : 021 - 8657395
Instagram : esda_kalimalang
Email : kalimalang@esda.co.id
Website : www.esda.co.id
Jam Operasional : Senin - Jumat : Pk 12.00 - 19.00 & Sabtu : Pk 8.30 - 16.30
Jumlah Gamer di Indonesia mencapai 60 juta orang pada akhir tahun 2018 dan diperkirakan akan meningkat dan mencapai 100 juta orang pada tahun 2020 berdasarkan studi dari Pokkt, Decision Lab & Mobile Marketing Association ( MMA ).
Sedangkan berdasarkan data dari Humas kominfo pada awal tahun 2019, sejumlah lebih dari 30 juta anak2 milenial bermain game setiap hari baik melalui perangkat konsol seperti : Playstation 4 & Xbox one, tapi juga PC / laptop dan platform mobile Tablet & Smartphone.
Hobi yang sudah digemari sebagian besar anak2 urban yang betah bermain ber jam-jam setiap harinya dengan mengabaikan tugas / aktifitas lainnya.
Pemain game sedang bermain game di semua perangkat konsol |
BERAPA USIA GAMER DI INDONESIA
Berdasarkan hasil research Newzoo. AppAnnie, Forbes & TechinAsia bermain disemua perangkat :
Umur 10 - 20 tahun : 36 %
Umur 21 - 35 tahun : 47%
Hasil studi Decision lab usia para gamer di Indonesia yang bermain game di mobile game / smartphone dengan rentang usia sbb :
16 -24 tahun : 27 %
25 -34 tahun : 27 %
35 -44 tahun : 24 %
45 -54 tahun : 17 %
Gamer sedang asik bermain game |
Sedangkan para pemain game yang kompetitif yaitu gamer professional yang aktif umumnya memiliki usia direntang akhir remaja atau pada awal masa dewasa yaitu sekitar dua puluh tahunan.
Jadi jarang sekali ada Gamer professional diusia tiga puluh tahunan karena konsekuensi bertambahnya umur sama seperti atlet olahraga yaitu konsekuensi penurunan kekuatan fisik & perlambatan kecepatan response yang dimiliki.
Professional gamers sedang bertanding pada kompetisi Game |
APA RESIKO ANAK2 KECANDUAN GAME
* Terkena rabun jauh & juling karena bermain game terlalu lama dalam jarak dekat ( penglihatan
kabur melihat jauh )
* Resiko pembuluh darah mata pecah karena kecapean nonstop mantengin hape seperti dialami
artis peran Tanta Ginting ( article kompas.com 26 Mei 2019 )
* Tagihan pembelian tool game online meledak ( kisah nyata tagihan provider telpon bu Ririn -
Kediri yang anaknya masih SD umur 12 tahun belanja tool game hampir 12 juta dalam 1 bulan ) -
article kompas.com tanggal 11 April 2019
* Gangguan kejiwaan karena melupakan kegiatan lain makan, belajar, olahraga dan kegiatan sekolah
( kisah nyata 5 anak SD-SMP di Jember mendapat perawatan kejiwaan di RSU-Dr Soebandi )
- article kompas.com tanggal 1 April 2019
* Lebih emosional & tidak bisa konsentrasi terhadap akademiknya ( dalam arti apabila dihentikan
kesenangannya bermain game maka akan timbul energi negatif kesal & marah2 )
* Bisa mengalami depresi dan tingkat kemampuan bersosialisasi yang terus menurun.
* Jangka lama gangguan kesehatan yang menurun akibat kurang tidur dan makan & resiko stroke dan
meninggal dunia ( kisah nyata Naufal Hanifa - artcile detik.com 9 Agustus 2016 )
* Resiko berbuat kriminal untuk medapatkan uang membeli kebutuhan game online
KECANDUAN GAME BAHAYA UNTUK MASA DEPAN ANAK INDONESIA
Di jaman teknologi digital saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa sernakin banyak anak2 bermain game online yang mengganggu kehidupan normal mereka khususnya yang sudah kecanduan.
Data Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ada 171 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018, dimana kemudahan bermain game online makin luas dengan semakin tersedianya internet dan makin murahnya gadget android yang bisa dipakai untuk bermain game online.
Hal ini tentu sangat bahaya bagi masa depan anak2 Indonesia karena Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah menetapkan anak-anak kecanduan game sebagai "GANGGUAN MENTAL" - GANGGUAN YANG DISEBABKAN KARENA KEBIASAAN / KECANDUAN
SMART PARENTS - JANGAN PAKSA ANAK KECANDUAN GAME BERHENTI TAPI ARAHKAN - ESDA ( Enspire School of Digital Art ) OBATNYA
Anak2 sampai dewasa belajar animasi 3D |
Kebanyakan orang tua yang mempunyai anak2 sudah kecanduan game mungkin dianggap masalah,
dimana anak sudah melupakan kewajiban dan aktifitas lainnya karena banyak anak tidak menyukai pelajaran sekolah yang umum diajarkan.
Anak yang gandrung sebagai seorang gamer yang terbiasa dengan animasi mungkin lebih menyukai dengan menggambar daripada membaca dan akan lebih berbakat apabila diarahkan sebagai seorang
" Digital Artist "- profesi yang sama yang dulu digeluti Andre Surya - founder ESDA yang membawa namanya turut andil dalam pembuatan film2 besar Hollywood Iron man & Iron man 2, Transformers - Revenge of The fallen, Terminator Salvation, Star Trek dll
Digital Artist sedang bekerja di Studio animasi yang tersebar di Indonesia & Luar negeri |
ESDA KALIMALANG
Jl Raya Kalimalang Blok A1 kav No 03
Jakarta Timur 13420
( Patokan 100 meter dari Transmart Kalimalang & sebelum lampu merah Pondok kelapa raya / Lampiri )
HP / WA : 0813 8594 3002
Telpon : 021 - 8657395
Instagram : esda_kalimalang
Email : kalimalang@esda.co.id
Website : www.esda.co.id
Jam Operasional : Senin - Jumat : Pk 12.00 - 19.00 & Sabtu : Pk 8.30 - 16.30
Comments
Post a Comment